Veddriq Leonardo Raih Emas Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Cabang Panjat Tebing

relasinasional
08 Agustus 2024 | 22:43 WIB Last Updated 2024-08-24T13:00:26Z

 

Veddriq Leonardo
Atlet Panjat Tebing Speed Putra Veddriq Leonardo Menunjukkan Medali Emas Olimpiade Paris (dok. Antara/Wahyu Putro A)

JAWA TENGAH - Atlet panjat tebing nomor speed putra asal Indonesia, Veddriq Leonardo, berhasil menyumbangkan medali emas pertama untuk Tanah Air dalam ajang Olimpiade Paris 2024. Pertandingan final berlangsung di Le Bourget Climbing, Paris, Prancis, pada Kamis (8/8/2024).


Veddriq, yang berasal dari Pontianak, memastikan kemenangan dengan mengalahkan atlet asal China, Wu Peng. Dalam pertandingan yang sangat ketat, Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul tipis 0,02 detik dari Wu Peng yang mencatatkan waktu 4,77 detik.


Menurut laporan dari situs resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), perjalanan Veddriq menuju medali emas dimulai dengan kemenangan di babak awal atas atlet tuan rumah dengan catatan waktu 4,88 detik. Di semifinal, catatan waktu Veddriq semakin membaik dengan mencetak 4,78 detik, mengalahkan atlet asal Iran, Alireza Alipour.


Rekor waktu yang dicatatkan Veddriq bahkan hampir menyamai rekor dunia yang dipegang oleh atlet Amerika Serikat, Samuel Watson. Medali emas ini merupakan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024, setelah cabang olahraga unggulan seperti bulu tangkis hanya berhasil meraih perunggu.


Rosita, ibu dari Veddriq, mengungkapkan bahwa kesuksesan ini tidak terlepas dari kepribadian anaknya yang kuat dan teguh pendirian sejak kecil. "Bahkan saat Kalimantan dilanda kabut asap, Veddriq tetap menjalani latihan dengan tekun," ujar Rosita seperti dikutip dari FPTI.or.id. (red/rri)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Veddriq Leonardo Raih Emas Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Cabang Panjat Tebing

Trending Now