Pimpinan DPR RI 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Menjabat Ketua

relasinasional
01 Oktober 2024 | 20:42 WIB Last Updated 2024-10-01T13:48:42Z

Pimpinan DPR RI
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029 resmi menetapkan lima orang yang menjadi pimpinan. Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali menjabat sebagai ketua. [Tangkapan layar youtube DPR RI]

 Jakarta — Lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2024-2029 resmi dilantik sebagai pimpinan dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (01/10/2024). Puan Maharani, Ketua DPP PDI Perjuangan, kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI untuk periode kedua berturut-turut.


Pelantikan tersebut disetujui secara aklamasi oleh seluruh anggota dewan yang hadir setelah Ketua Sementara DPR, Guntur Sasono, mengajukan persetujuan dalam sidang paripurna. "Apakah dapat disetujui dan diterapkan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029, saya minta pendapat, setuju?" tanya Guntur Sasono di hadapan rapat paripurna. Serentak, para anggota dewan menjawab, "Setuju."


Selain Puan Maharani, posisi Wakil Ketua DPR dijabat oleh empat politisi dari berbagai partai besar. Mereka adalah Adies Kadir dari Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Partai NasDem, dan Cucun Syamsurijal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Regulasi Pemilihan Pimpinan DPR

Komposisi pimpinan DPR ini mengikuti ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Berdasarkan UU tersebut, pimpinan DPR terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua yang diambil dari partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di parlemen. Posisi Ketua DPR diberikan kepada partai yang memperoleh kursi terbanyak di DPR, dalam hal ini PDI Perjuangan. Sementara itu, empat Wakil Ketua berasal dari partai dengan perolehan kursi terbanyak kedua hingga kelima.


Daftar Lengkap Pimpinan DPR RI 2024-2029

1. Ketua DPR: Puan Maharani (PDI Perjuangan)

2. Wakil Ketua DPR:

   - Adies Kadir (Golkar)

   - Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra)

   - Saan Mustopa (NasDem)

   - Cucun Syamsurijal (PKB)


Komposisi Anggota DPR 2024-2029

Sebanyak 580 anggota DPR RI untuk periode 2024-2029 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan yang digelar hari ini. Para anggota tersebut berasal dari delapan partai politik yang berhasil menempatkan wakilnya di DPR, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.


Dengan pelantikan ini, DPR RI periode 2024-2029 resmi beroperasi, siap menjalankan tugas legislasi, pengawasan, dan anggaran untuk lima tahun ke depan. (mis/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pimpinan DPR RI 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Menjabat Ketua

Trending Now