Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

relasinasional
20 Oktober 2024 | 12:26 WIB Last Updated 2024-10-20T05:26:30Z

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

 Jakarta - Dalam momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan ini berlangsung dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2024), dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Presiden ke-7 RI Joko Widodo dan Wakil Presiden ke-13 RI Ma’ruf Amin.


Sidang yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani. Dalam prosesi pelantikan, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR yang hadir, diikuti oleh Gibran Rakabuming Raka. Momen ini disaksikan dengan penuh khidmat, di mana Jokowi dan anggota MPR lainnya turut berdiri sebagai penghormatan terhadap pelantikan dua pemimpin baru Indonesia.


Setelah pengucapan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Prabowo, Gibran, dan pimpinan MPR. Berita acara tersebut kemudian diserahkan kepada pimpinan MPR sebagai tanda resmi pelantikan. Selanjutnya, dilakukan pertukaran tempat duduk, di mana Jokowi dan Ma’ruf Amin menyerahkan kursi kepemimpinan kepada Prabowo dan Gibran.


Dengan pelantikan ini, Prabowo Subianto resmi menjabat sebagai Presiden ke-8 RI, sedangkan Gibran Rakabuming Raka menjadi Wakil Presiden ke-14 RI, menggantikan posisi Jokowi dan Ma’ruf Amin yang telah menjabat sejak 2019.


Usai pelantikan, Prabowo dijadwalkan memberikan pidato pertamanya sebagai Presiden ke-8 RI, yang diharapkan akan memberikan arah baru bagi pemerintahan dan rakyat Indonesia.


Setelah itu, Prabowo dan Gibran akan melakukan iring-iringan dari Gedung Parlemen menuju Istana Negara. Dalam perjalanan tersebut, mereka akan menyapa dan berinteraksi dengan warga yang menyaksikan momen bersejarah ini di sepanjang jalan menuju Istana.


Pelantikan Prabowo dan Gibran menandai babak baru dalam perjalanan politik Indonesia, dan masyarakat berharap agar pemerintahan baru ini dapat membawa perubahan positif dan kemajuan bagi bangsa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Trending Now

iklan