Ramadhan 2025: Kapan Umat Muslim Mulai Berpuasa?

relasinasional
02 Oktober 2024 | 23:32 WIB Last Updated 2024-10-02T16:32:28Z

Ramadhan 2025: Kapan Umat Muslim Mulai Berpuasa?
Ramadhan 2025: Kapan Umat Muslim Mulai Berpuasa? [dok. unsplash.com/@masjidmpd]

 Relasinasional.com - Bulan suci Ramadhan selalu dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain kewajiban berpuasa, Ramadhan menjadi bulan penuh keberkahan dengan berbagai keutamaan seperti turunnya Al-Qur'an, peluang mendapatkan ampunan, dan malam Lailatul Qadr. Seiring mendekatnya tahun 2025, umat Muslim mulai mempertanyakan: kapan Ramadhan 2025 dimulai?



Awal Ramadhan 2025


Ramadhan 2025 diperkirakan akan dimulai pada Jumat, 28 Februari atau Sabtu, 1 Maret 2025, tergantung dari hasil pengamatan hilal. Ini berarti Ramadhan tahun 2025 datang 11 hari lebih awal dibandingkan awal Ramadhan pada tahun sebelumnya. Sebagai acuan, penetapan resmi awal Ramadhan akan diumumkan melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.


Seperti biasanya, sidang isbat ini diadakan pada tanggal 29 Sya'ban untuk memverifikasi hasil pengamatan hilal. Hasil sidang ini akan memastikan kapan umat Muslim di Indonesia mulai berpuasa.



Durasi Puasa Ramadhan 2025


Berdasarkan kalender Hijriyah, Ramadhan bisa berlangsung selama 29 atau 30 hari, bergantung pada penampakan hilal. Jika hilal tidak terlihat pada malam ke-29, bulan Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 hari. Namun, jika hilal terlihat, maka bulan puasa hanya berlangsung selama 29 hari.


Untuk tahun 2025, Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada Senin, 31 Maret 2025, berdasarkan perhitungan kalender Hijriah. Tanggal ini juga akan dikonfirmasi melalui sidang isbat oleh pemerintah.



Metode Penentuan Awal Ramadhan


Di Indonesia, terdapat dua metode utama dalam menentukan awal Ramadhan:


1. Metode Rukyat

   Metode rukyat mengandalkan pengamatan langsung terhadap hilal, atau menyempurnakan bulan Sya'ban menjadi 30 hari jika hilal tidak terlihat. Mayoritas ulama dari berbagai mazhab mendukung metode ini, sesuai dengan ayat Al-Qur'an (Al-Baqarah: 185) dan hadits Rasulullah SAW yang menyebutkan kewajiban puasa setelah melihat hilal.


2. Metode Hisab

   Beberapa ulama mendukung metode hisab, yaitu perhitungan astronomi untuk menentukan posisi hilal. Metode ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surah Yunus ayat 5, yang menyatakan bahwa Allah menciptakan matahari dan bulan agar manusia dapat menghitung waktu dan tahun. Metode ini juga didukung oleh hadits Rasulullah yang memperbolehkan penggunaan perhitungan jika hilal tidak terlihat.



Ramadhan 2025 diperkirakan akan dimulai pada 28 Februari atau 1 Maret 2025, dengan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 31 Maret 2025. Namun, pastikan untuk menunggu pengumuman resmi dari pemerintah melalui sidang isbat guna memastikan keseragaman pelaksanaan ibadah Ramadhan. (mis/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ramadhan 2025: Kapan Umat Muslim Mulai Berpuasa?

Trending Now