TNI dan Polri Gelar Tactical Video Game untuk Persiapan Pelantikan Presiden 2024

relasinasional
18 Oktober 2024 | 10:14 WIB Last Updated 2024-10-18T03:19:23Z

Pelantikan Presiden 2024
TNI dan Polri menggelar Tactical Video Game dalam rangka persiapan Operasi Pengamanan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis, (17/10/2024). [dok. tni.mil.id]

 Jakarta – Dalam upaya memastikan keamanan selama pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Tactical Video Game (TVG) di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari skema taktis berbasis teknologi yang dirancang untuk memperkuat koordinasi dan kesiapan pengamanan.


Laksdya TNI Rachmad Jayadi, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I dan Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan VVIP (Pangkogabpadpam), menjelaskan bahwa TVG kali ini dilengkapi dengan berbagai keunggulan teknologi terbaru. "TVG ini tidak hanya berfungsi untuk menyinkronkan rencana operasi yang besar, tetapi juga menjadi sarana untuk memeriksa kesiapan pejabat dan personel yang terlibat. Kami ingin memastikan bahwa semua pihak memahami tugas-tugas mereka dengan baik," ungkap Laksdya Rachmad.



Meningkatkan Koordinasi dan Respons Keamanan


Pelantikan presiden adalah momen penting dalam sejarah politik Indonesia, yang memerlukan kolaborasi erat antara TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya. Dengan penerapan teknologi canggih dalam TVG, diharapkan koordinasi antar lembaga keamanan dapat diperkuat. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan potensi risiko yang mungkin muncul selama acara pelantikan.


TVG memungkinkan pemantauan dan eksekusi rencana pengamanan secara real-time, memberikan kemampuan bagi petugas untuk merespons situasi yang berubah dengan cepat. "Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI berlangsung dengan aman dan lancar," tambah Laksdya Rachmad.



Inovasi untuk Keamanan Nasional


Dengan memanfaatkan inovasi teknologi, TNI dan Polri berharap dapat memaksimalkan kesiapan pengamanan dan menjaga stabilitas nasional. Kegiatan ini menunjukkan dedikasi kedua institusi dalam menghadapi tantangan keamanan di era modern, di mana teknologi memainkan peran penting dalam strategi pengamanan.


Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden mendatang bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga sebuah langkah penting dalam menjaga keutuhan dan keamanan bangsa. Melalui TVG, TNI dan Polri berupaya untuk memberikan jaminan keamanan yang optimal bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI dan Polri Gelar Tactical Video Game untuk Persiapan Pelantikan Presiden 2024

Trending Now